0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dies Natalis, UNS Undang Direktur KITLV Belanda

Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi (dok.timlo.net)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) mengundang Direktur Koninklijk Instituut Voor Taal- Land,-En Volkenkunde (KITLV – semacam LIPI) untuk membaca pidato tentang Kebudaya Jawa pada Dies Natalis UNS bulan Maret 2016 mendatang.

“Undangan tersebut sudah disetujui oleh yang bersangkutan saat rombongan UNS yang dipimpin Wakil Rektor IV Widodo Muktiyo menemuinya di Leiden Belanda beberapa hari lalu,” jelas Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi kepada Timlo.net terkait soal pengiriman naskah jawa kuno dari Belanda, di Rektorat UNS, Solo, Senin (7/12).

Ravik mengungkapkan, pada tanggal 11 Maret 2016 nanti, bersangkutan juga akan menandatangani MoU dengan UNS tentang pengembangan budaya Jawa. Termasuk KITLV akan mendatangkan dua guru besar tamu dari Leiden University yakni Prof Vanden Molen dan Prof Bensupt. “Kedua guru besar itu akan memberi pelatihan tentang Filologi Jawa,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, kata Ravik, UNS juga menandatangi MoU dengan Leiden University. Hal itu sejalan dengan keberadaan Javanologi dan pengelolaan 23 ribu naskah kuno dari Leiden University yang kini ada di perpustakaan UNS.

Sejauh ini, kata Ravik, ke 23 ribu naskah kuno itu memang belum bisa diakses untuk umum lantaran semata-mata karena naskah tersebut rentan kerusakan. Tetapi nanti kalau perbaikan perpustakaan selesai, maka akan ditempatkan di bagian yang aman dan bisa diakses oleh umum.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge