0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masa Tenang, Tim Gabungan Bersihkan APK

timlo.net/daryono
Petugas menurunkan APK (timlo.net/daryono)

Solo — Memasuk masa tenang, Minggu (6/12), tim gabungan membersihkan alat peraga kampanye (APK) di banyak titik Kota Solo. Seluruh APK yang berbau Pilkada diturunkan.

“Penertiban dimulai pagi tadi jam 08.00 WIB. Dibagi dalam lima tim. Tim terdiri dari Satpol PP, Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu), Dishubkominfo (Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika), TNI/Polri, KPU,” kata anggota Panwaslu Solo, Asmuni kepada wartawan usai pembersihan.

Tidak hanya APK resmi yang dipasang oleh KPU, semua jenis APK seperti APK yang dibuat paslon dan spanduk ilegal juga diturunkan. Hal ini mengingat baru-baru ini muncul spanduk bertuliskan yang memuat pesan merindukan walikota seperti Jokowi.

“APK di posko juga harus diturunkan. Cukup ditulis posko pemenangan. Kalau gambar Paslon kami minta dilepas,” ujar dia.

Asmuni menegaskan, selama tiga hari ini hingga hari H pemungutan, seluruh APK harus bersih mengingat masa tenang tidak boleh untuk kampanye. Panwaslu siap merespon juga muncul spanduk dadakan.

Terkait pembersihan APK, Asmuni menyayangkan pembersihan APK yang dibuat KPU dibebankan kepada tim gabungan. Lantaran pengadaannya oleh KPU, semestinya pembersihan menjadi tanggung jawab KPU.

“Kan semestinya di MoU dengan pihak ketiga bisa dicantumkan kesepakatan, pemasangan dan pelepasannya. Masak pengadaannya di KPU, kita yang harus melepas,” keluh dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge