0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Air Terjun Banyunibo Dipercayai Sembuhkan Penyakit

Air Terjun Banyunibo, Manyaran, Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, selain dikenal pusatnya tatah sungging, ternyata memiliki lokasi wisata yang sangat indah. Namanya air terjun Banyunibo, yang terletak di Dusun Ngluwur, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran.

Salah satu tujuan wisata alam di Kota Gaplek ini masih terjaga keperawanannya. Padahal jaraknya juga tidak begitu jauh dari pusat kota Wonogiri. Yakni sekitar 30 kilometer ke arah barat, berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo dan Gunung Kidul.Warga sekitar lokasi, memanfaatkan air dari air terjun untuk keperluan kehidupan sehari-hari.

Saat memasuki Desa Ngluwur, pengunjung sudah disuguhi pesona alam yang sangat memikat. Wisatawan bakal disuguhi track yang menantang. Jalan setapak melewati tegalan dan sawah yang masih asri. Di sekitarnya terdapat tebing-tebing batu menjulang tinggi, menampilkan eksotisme alam tersendiri. Dari kejauhan, terlihat air meluncur dari tebing.

Dari cerita masyarakat sekitar yang berkembang, dinamai air terjun Banyunibo karena airnya jatuh dari tebing yang tingginya sekitar 30 meter. Selain panoramanya yang memikat, beberapa pengunjung dari luar desa percaya airnya mampu menyembuhkan penyakit kulit.

Saat musim liburan, jumlah pengunjung bisa mencapai 50 orang setiap harinya atau Minggu. Pengunjungnya tak hanya dari Wonogiri saja, bahkan wisatawan luar Wonogiri sudah mendengar keindahan wisata alam satu ini.

“Air terjun ini sudah terkenal, banyak yang datang dari Yogya dan Solo,” ujar warga sekitar Sukamto, Minggu (6/12).

Bahkan, air terjun Banyunibo juga diamini sebagian kalangan dapat memberikan khasiat atau manfaat bagi mereka yang mandi ditempat itu.

“Tapi kalau mandi tidak boleh telanjang bulat. Tetap harus memakai pakaian atau kemben,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge