0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Enam Bulan Lagi, Pelanggar Yellow Box Junction Akan Ditindak

goggle
Yellow Box Junction (goggle)

Solo — Satlantas Polresta Solo masih menunggu enam bulan ke depan untuk melakukan penindakan terhadap kendaraan yang melanggar di kawasan Yellow Box Junction (YJB) di sejumlah titik di Kota Solo. Pasalnya, pihak kepolisian menilai masyarakat belum memahami dan mengetahui sepenuhnya fungsi YBJ tersebut.

“Sampai saat ini masih kita lakukan sosialisasi terlebih dahulu. Kami memilih upaya untuk memahamkan masyarakat, ketimbang unsur penindakan. Baru, setelah enam bulan akan dilakukan penindakan,” jelas Kasatlantas Polresta Solo, AKP Prayudha Widiatmoko saat berbincang dengan Timlo.net, baru-baru ini.

Meski begitu, lanjut Kasat, jika waktu enam bulan dirasa belum cukup bagi masyarakat untuk memahami tanda tersebut maka tak menutup kemungkinan jika pihaknya akan menambah waktu sosialisasi. Namun, pihaknya merasa yakin bahwa masyarakat kota Solo dalam waktu enam bulan kedepan akan mengetahui fingsi tanda tersebut.

“Sebagian masyarakat sudah tahu. Kami yakin, enam bulan cukup untuk sosialisasi. Kalau kurang ya ditambah lagi,” terang Kasat.

Disinggung sanksi yang akan diberlakukan bagi pelanggar Yellow Box Junction tersebut, pihaknya tidak segan akan memberi surat tilang polisi yang mengacu pada UU No 22/ 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a,b tentang Pelanggaran Rambu Lalu Lintas atau marka jalan, pengendara kendaraan bermotor yang melanggar aturan bakal dikenakan sanksi maksimal berupa denda Rp 500.000 atau pidana kurungan dua bulan penjara.

Sejauh ini, pihaknya merancang pembuatan video guna sosialisasi Yellow Box Junction ke sekolah, kampus hingga masyarakat umum. Rencananya, pihaknya juga akan memanfaatkan videotron yang terpasang disejumlah titik strategis di Kota Solo.

“Kota Solo, sudah seharusnya dipasang Yellow Box Junction. Selain kendaraan makin banyak juga sebagai upaya untuk mengurai kemacetan di jalan raya,” kata Kasat.

 

Lokasi Yellow Box Junction di Kota Solo :

  1. Persimpangan Purwosari
  2. Persimpangan Gendengan
  3. Persimpangan Sriwedari
  4. Persimpangan Ngapeman
  5. Persimpangan Pasar Pon
  6. Persimpangan Nonongan
  7. Persimpangan Warung Pelem
  8. Persimpangan Pedaringan
  9. Persimpangan Sekarpace
  10. Persimpangan UNS
  11. Persimpangan Fajar Indah
  12. Persimpangan Giri Mulyo
  13. Persimpangan Sumber
  14. Persimpangan Komplang
  15. Persimpangan Genengan
  16. Persimpangan Mojosongo
  17. Ring Road Mojosongo
Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge