0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Logistik Disebar, Pilkada Solo Siap Digelar

timlo.net/daryono
Petugas mendistribusikan logistik Pilkada Solo (timlo.net/daryono)

Solo – Pemungutan suara pemilihan walikota dan wakil walikota Solo, Rabu (9/12) siap digelar. Dengan penjagaan ketat aparat kepolisian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mendistribusikan logistik ke masing-masing panitia pemungutan suara (PPS), Minggu (6/12) pagi.

“Hari ini semua logistik dikirim ke PPS. Kemudian tanggal 8 Desember, KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) yang akan mengambil ke PPS,” kata Komisioner Divisi Logistik KPU Solo, Suryo Baruno di sela memantau distribusi logistik di gudang KPU Solo.

Pantaun Timlo.net, seluruh logistik dimasukkan dalam kotak bersegel. Kotak dan bilik suara kemudian diangkut ke dalam truk PT Pos Indonesia. Dengan penjagaan polisi, logistik KPU tersebut akan menginap dua malam di PPS.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Solo, Pata Hindra Aryanto menambahkan, secara umum, pemungutan suara 9 Desember sudah siap 100 persen. Petugas KPPS di 1.000 TPS juga sudah siap bekerja.

“Untuk C6 (undangan memilih) sebagian sudah beredar. Maksimal, H-1, C6 sudah diterima pemilih,” ujar dia.

Jika pemilih tidak menerima C6 atau C6-nya rusak atau hilang, lanjut Pata, pemilih masih bisa menggunakan hak pilihnya sepanjang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau DPT tambahan (DPTb). Namun, jika tidak masuk dalam DPT atau DPTb, pemilh dapat menggunakan hak pilihnya di TPS domisili asal memiliki KTP.

Sedangkan untuk pasien di rumah sakit, KPU telah meminta data pasien ber-KTP Solo di 10 rumah sakit dan Puskesmas rawat inap. Berbekal data itu, KPU akan memberikan form A-5 yang bisa dipakai pasien untuk menggunakan hak pilihnya saat KPPS TPS terdekat keliling ke rumah sakit.

“Besok atau H-3 datanya baru diberikan rumah sakit ke kami. Dengan A5 itu, pasien bisa menggunakan hak pilihnya. Yang kami utamakan yang terdaftar di DPT dulu. Sedangkan keluarga pasien karena bisa mobile silahkan menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat, juga membawa A5,” beber dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge