0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PNM Dorong UMKM Lebih Kreatif

Setyo Pujis
Pemimpin PT PNM cabang Solo, Haryono (Setyo Pujis)

Solo – Lembaga keuangan non bank milik pemerintah, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus berupaya mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Salah satu wujud upaya tersebut dibuktikan dengan berbagai pelatihan yang difokuskan kepada perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para mitra binaannya.

“Dalam mendorong pertumbuhan mitra binaan yang kebanyakan adalah UMKM kita ada tiga fokus pemberdayaan, yaitu intelektual, modal dan spritual,” ujar Pemimpin PT PNM Solo, Haryono, Sabtu (5/12).

Dirinya mengatakan, dalam menghadapi MEA tahun 2016 dengan persaingan yang cukup ketat memang diperlukan sumber daya manusia yang tangguh dan memiliki etos kerja yang baik. PNM sebagai lembaga keuangan yang memberikan perhatian kepada perkembangan UMKM di Indonesia  menjadikan program pelatihan sebagai pembelajaran untuk nasabah binaan.

“Pelaku UMKM di daerah Solo harapan kita dapat bersaing dengan baik di tahun depan. Oleh karena itu berbagai pelatihan terus gencar kita lakukan, agar setiap SDM yang ada dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menggali setiap potensi yang ada,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, meskipun kondisi ekonomi sempat kurang baik beberapa waktu yang lalu akibat krisis global, namun capaian pembiayaan yang dilakukan PNM terus tumbuh setiap tahunnya. Bahkan sampai November ini pihaknya mengaku telah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 126,8 Miliar dengan total penerima manfaat sekitar 2.452 pelaku UMKM.

“Rata-rata setiap tahun pembiayaan kita tumbuh diatas 20 persen. Sedangkan untuk kredit macet (NPL) PNM Solo sampai saat ini masih tetap terjaga yaitu 0 persen,” ungkapnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge