0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Kubu Paslon Mulai Siagakan Satgas

Satgas dari Lembaga Garuda Muda Indonesia (LGMI) yang dibentuk untuk mewaspadai money politic, pembagian sembako dan selebaran gelap jelang Pilkada tanggal 9 Desember nanti (Ach Khalik)

Solo – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tanggal 9 Desember nanti, tim Satuan Petugas (Satgas) dari masing-masing Pasangan Calon (Paslon) mendapat pembekalan untuk mewaspadai money politic, pembagian sembako dan selebaran gelap.

Seperti yang dilakukan oleh Satgas Lembaga Garuda Muda Indonesia (LGMI) di Graha Prioritas, Solo pada Sabtu (5/12) siang. Ketua Umum LGMI, Dwiyono Noto Saputro mengatakan, Satgas yang dibentuk harus cermat dalam mengamati perkembangan situasi jelang Pilkada tanggal 9 Desember nanti. Upaya tersebut untuk menciptakan suasana Pilkada di Kota Solo aman, tenang dan tentram.

“Termasuk upaya money politik atau serangan fajar yang dilakukan. Satgas harus bertindak mengawal demokrasi yang diselenggarakan di Kota Solo,” terang Dwiyono.

Disinggung tindakan apa yang akan dilakukan jika ditemukan praktek money politik, Dwiyono menegaskan Satgas dilarang melakukan aksi anarkis. Pihaknya memerintahkan, supaya anggotanya yang berjumlah ratusan orang tersebut berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk pihak Kepolisian dan Panwaslu.

“Intinya, kita menjunjung tinggi etika yang ada berdasarkan aturan yang telah ditetapkan,” tegas Dwiyono.

Sebelumnya, ribuan Satgas dari PDI-P juga menggelar apel Satgas Anti Money Politic di Benteng Vastenburg, Jumat (4/12) sore.  Ketua DPC PDIP Solo yang juga Calon Walikota PDIP, FX Hadi Rudyatmo mengatakan tugas dari Satgas yang dibentuk tahun 2004 ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti money politic, hasutan-hasutan dan pembagian sembako.

“Kami ingin memberikan pembelajaran politik yang sesungguhnya, bebas dari hasutan, money politik dan bentuk-bentuk kecurangan yang terjadi dalam demokrasi yang diselenggarakan,” terang Rudy.

Kabag Ops Polresta Solo, Kompol Arif Joko mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Ahmad Luthfi mengatakan, pihaknya merangkul kelompok-kelompok masyarakat untuk turut mengawal Pilkada tanggal 9 Desember. Pihaknya berharap, dalam penyelenggaraan nanti Satgas  yang dibentuk dapat berkoordinasi dengan pihak terkait mensukseskan gelaran Pilkada.

“Kami telah berkoordinasi dan memberikan pembekalan. Supaya, tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge