0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Targetkan Rangking 500 Dunia

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi (tengah) saat memberi keterangan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr. Ravik Karsidi, MA menyatakan, UNS telah menetapkan sasaran Tahap II RPJP Tahun 2015 – 2019 adalah akselerasi reputasi internasional UNS.

“Pada tahap ini, UNS memprioritaskan program yang mengarah pada pengembangan tata kelola manajerial UNS berkualitas internasional, penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan reputasi internasional dan pengembangan centre of excellences di UNS,” jelas Ravik pada acara Wisuda Periode II UNS Tahun Akademik 2015/2016, di Kampus UNS, Solo, Sabtu (5/12).

Rektor UNS mengatakan, pada 2016 nanti UNS bersiap menjadi PTNBH (PTN Berbadan Hukum) yang membawa implikasi dan tanggung jawab lebih besar. Dalam arti, UNS menjadi lembaga yang memiliki status yang sama dengan universitas ternama di Indonesia, seperti UI, UGM maupun IPB.

Sementara itu, tahun 2019 nanti, UNS juga menargetkan mencapai 500 rangking dunia. Berarti UNS akan melakukan akselerasi menjadi kampus world class university. Sehingga dua poin besar di atas PTNBH dan WCU adalah program besar.

“Apakah itu semua mimpi, saya kira tidak, karena ternyata UNS memiliki potensi untuk itu,” ujarnya.

Buktinya, kata Ravik, Kemenristek Dikti justru yang menunjuk dan memberi mandat kepada UNS bahwa tahun 2016 menjadi kampus dengan status PTNBH. Tentu saja hal ini tidak semudah membalikkan tangan, mengingat dua program tersebut membutuhkan super kerja keras diantara semua civits akademika UNS. Baik dosen, karyawan maupun mahasiswa. Hanya dengan prestasilah akan dianggap oleh masyarakat.

Dalam konteks demikian, kata Rektor UNS, wajar apabila dalam era creative – base economic (ekonomi kreatif) sekarang ini, daya pikir dan kreativitas menjadi penggerak untuk produktivitas sekaligus daya saing.

“Pendidikan tinggi menjadi kawah candradimuka lahirnya kreativitas dan produktivitas,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge