0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Bencana, Karanganyar Siapkan 1.400 Relawan

timlo.net/nanang rahadian
Relawan melakukan simulasi bencana (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Untuk mengantisipasi bencana tanah longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkansekitar 1.400 relawan se-Kabupaten Karanganyar. Relawan itu bakal diterjunkan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Tidak hanya untuk bencana tanah longsor saja, tapi juga diterjunkan untuk bencana-bencana lain yang terjadi di Kabupaten Karanganyar,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Jumat (4/12).

Para relawan tersebut merupakan warga sekitar yang dilatih khusus untuk siaga dan memberikan pertolongan jika sewaktu-wakti terjadi bencana.

“Kita latih agar mereka mengerti prosedur penanggulangan bencana,” jelas Nugroho.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, hampir semua wilayah di Karanganyar memiliki potensi bencana, sehingga perlu antisipasi serius.

“Salah satu penanggulangannya dengan mitigasi. Selain itu, juga peduli terhadap lingkungan dan tidak merusaknya. Penanggulangan bencana ini merupakan tanggung jawab bersama, antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha,” katanya.

Bupati juga meminta masyarakat Karanganyar untuk waspada selama musim hujan berlangsung. Pasalnya bencana tidak hanya mengancam lokasi-lokasi rawan saja, akan tetapi juga mengancam seluruh desa yang ada di Karanganyar.

“Yang penting kewaspadaan harus ditingkatkan, soalnya bencana mengancam di seluruh wilayah yang ada,” ucapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge