0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Status Siaga, Wisatawan Dilarang Dekati Gunung Bromo

merdeka.com
Wisatawan Bromo (merdeka.com)

Timlo.net – Wisatawan Gunung Bromo dilarang mendekati kawah Gunung Bromo, lautan pasir dan savana. Himbauan itu diserukan seiring naiknya status gunung tersebut naik ke level siaga.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Dewi Ayu Utari mengabarkan, status siaga ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak Jumat (4/11) pukul 14.00 WIB.

“Untuk itu TNBTS menutup caldera, yang meliputi lautan pasir, kawah dan savana dari seluruh kegiatan wisata,” kata Dewi.

Meski akses wisatawan dibatasi, namun masih bisa menikmati sunrise dari Gunung Penanjakan, Bukit Setya dan Bukit Cinta. Pintu yang dibuka hanya dari arah Wonokitri Pasuruan, sementara yang lainnya ditutup.

Padahal baru Sabtu (28/11) lalu wisatawan kembali diperbolehkan menyaksikan keindahan kawah gunung, kendati tetap dalam pengawasan petugas. Sebelumnya, pada 28 November wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah. Pengunjung hanya diperbolehkan berada di radius 1 Km dari kawah.

Namun saat itu masih diperbolehkan menikmati wisata savana, lautan pasir, sunrise, sunset, coban dan ranu. PVMBG memberikan peringatan setelah Gunung Bromo memuntahkan asap Kamis (12/11).

TNBTS pun saat itu memasang rambu-rambu larangan naik ke kawah. Rambu larangan naik ke kawah dipasang di 4 pintu dan di batas tangga kawah.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge