0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Klaten Sediakan 1.880 Lembar Surat Suara Braile

Salah seorang tuna netra menunjukkan template surat suara braille (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten menyiapkan ribuan lembar template surat suara braille. Hal itu untuk menjamin setiap warga masyarakat, termasuk para disabilitas tunanetra untuk menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada Klaten 9 Desember mendatang.

“Kami menyediakan 1.880 lembar template surat suara braille yang didistribusikan sesuai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni 1.880 TPS,” kata Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Data dan Informasi KPU Klaten, Muhammad Anshori, Jumat (4/12).

Dijelaskan, setiap TPS akan mendapat jatah satu template surat suara braille. Pasalnya, berdasarkan data Persatuan Penyandang Cacat Klaten (PPCK) tahun 2014, ada sekitar sebanyak 9.200 disabilitas di Klaten.

Adapun bentuk surat suara braille serupa dengan surat suara reguler. Bedanya, nomor urut pasangan calon (paslon) dan nama paslon dicetak dengan huruf braille. Selain itu, di bagian tengah kolom masing-masing paslon, template diberi lubang lingkaran untuk memudahkan saat mencoblos.

”Ada dua lembar. Lembar paling atas ada cetak huruf braille dan lubang lingkaran, sedangkan lembar di bawahnya kertas polos. Jadi ketika salah satu lubang lingkaran dicoblos akan tembus ke lembar di belakangnya,” jelas Anshori.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge