0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Modif Dodge Power Wagon Truck 1963

Dodge Power Wagon Truck 1963 (foto: David)

Timlo.net – Memiliki mobil klasik merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi, mobil tersebut mempunyai sejarah panjang. Tak ayal, para kolektor rela merogoh kocek dalam-dalam guna melakukan restorasi supaya kendaraan klasik itu makin “nyentrik” dan banyak dilirik.

Ya, mobil jenis Dodge Power Wagon Truck 1963 yang telah direstorasi total oleh Hendrawan ini menjadi mobil kesayangannya. Mobil bekas kendaraan angkut militer yang ditemukan dalam kondisi memprihatinkan di kawasan Salatiga, Jawa Tengah tersebut telah disulap tanpa meninggalkan bentuk aslinya. Pertama kali melihat bentuk kendaraan dari negeri Paman Sam ini, dirinya langsung jatuh hati. Selain bentuknya yang klasik, juga jarang sekali mobil tersebut ditemukan di Indonesia.

“Pertama kali mobil ini ditemukan dalam kondisi sangat memprihatinkan tahun 1997,” kata Hendra, sapaan akrabnya.

Setelah berhasil menyelesaikan sejumlah surat-surat kendaraan, pria yang juga menjadi bagian dari Komunitas Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Solo ini langsung mengoprek bagian chasis dan body kendaraan.

Chasis yang keropos dia ganti dengan plat baru. Sementara, di bagian bosch atau dudukan karet yang terletak pada body kendaraan dia ganti dengan bentuk yang baru.

Upaya itu, dilakukan supaya getaran tidak sampai hingga ke ruang kemudi. Pada bagian buritan, yang awalnya terdapat ‘deklit’ ia papras sehingga terlihat bagian bak yang makin menunjukkan bentuk ”kekar” kendaraan muatan tersebut.

“Sangat susah sekali dalam mencari sparepartnya. Sehingga, mau gak mau harus menyisipkan sparepart lain sebagai penggantinya. Utamanya untuk mengganti bosch supaya kendaraan lebih halus dan bebas getaran,” terang bapak lima anak ini.

Usai melakukan restorasi dibagian tersebut, dirinya mulai fokus ke bagian dapur pacu. Sayangnya, kendaraan yang dilengkapi dengan dapur pacu delapan silinder ini sudah sangat uzur dan tidak dapat dilakukan perbaikan.

Selain itu, suku cadang juga sangat susah untuk dicari. Namun, Agus bersama dengan rekannya yang lain tidak mudah putus asa. Dirinya mengganti mesin Dodge Wagon berkekuatan 3500 CC dengan milik Toyota Dyna yang memiliki kekuatan hingga 4000 CC.

Hasilnya, sejumlah penyesuaian di bagian transfer tenaga juga perlu dilakukan. Namun, semua dapat diatasi dengan baik.

“Memang diperlukan penyesuaian terutama dibagian kopling, gardan dan sejumlah komponen transfer tenaga,” ujarnya.

Sentuhan paling akhir, warna kendaraan yang awalnya hijau army ia rombak menjadi merah menyala. Tujuannya agar lebih menarik dilihat.

 

Malang Melintang Dalam Pameran

Setelah berhasil dilakukan restorasi, Agus mengaku bangga memamerkan kendaraannya tersebut kesejumlah even mobil kuno. Sejumlah kegiatan telah disambangi, sudah malang melintang di kawasan Indonesia. Terlebih, Jawa Tengah. Hampir di sejumlah wadah komunitas mobil tua sangat mengenal mobil besutan negeri Paman Sam tersebut. Selain dikenal berotot juga memiliki sejarah panjang didunia militer.

“Mobil ini biasanya digunakan sebagai kendaraan angkut militer. Untuk versi sipil, biasanya digunakan dipeternakan atau pertanian dinegara asalnya,” jelas pria paruh baya tersebut.

Keunikan lain yang terletak pada mobil Dodge Power Wagon Truck 1963 ini adalah bentuk kap mobil bagian depan dengan model kupu-kupu. Sehingga, ketika dipamerkan tak jarang mobil tersebut langsung menjadi perhatian ketika kap mobilnya sedang dibuka.

 

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge