0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada, Pilih Calon yang Mampu Realisasikan Janji Pendidikan

Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Solo —  Menyambut momen pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember nanti, masyarakat diharapkan memilih calon yaang mampu menangkap dan merealisasikan aspirasi di bidang pendidikan.

“Masyarakat mestinya semakin cerdas memilih calon yang mampu menangkap aspirasi mereka di bidang pendidikan dan bersedia merealisasikan harapan itu kelak setelah mereka terpilih,” kata Koordinator Kawal Pendidikan, Fasli Jalal dalam rilis yang diterima Timlo.net, Kamis (3/12).

Untuk diketahui, Kawal Pendidikan merupakan gerakan yang dibentuk oleh para tokoh, praktisi, akademisi dan penggiat pendidikan dari kelompok mamsyarakat sipil. Tujuannya mendorong keterlibatan publik dalam pembuatan kebijakan, penyusunan strategi dan rencana aksi bagi pembangunan sektor pendidikan nasional.

Direktur Eksekutif KawalPendidikan.org, Deddy Rahman mengatakan, menyambut Pilkada ini, Kawal Pendidikan telah melakukan analisis dan pengumpulan harapan dari publik. Sejak diluncurkan pada tanggal 29 Oktober 2015 lalu, KawalPendidikan telah berhasil menggalang sebanyak 334 harapan dan 3333 dukungan di masing-masing daerah. Dari analisis dan hasil pengumpulan harapan dari publik, terdapat hal menarik yakni banyak masyarakat yang memberikan harapan tertinggi pada pendidikan karakter.

“Namun tak satupun dari 24 pasangan calon dari 10 Dapil Pilkada serentak 2015 memiliki janji kampanye yang jelas tentang pendidikan karakter,” tegasnya.

Sementara, Koordinator Koalisi Masyarakat Sipil Surakarta, yang juga Direktur Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK), Suroto mengungkapkan, masyarakat sipil dari Solo memiliki harapan lain terhadap pasangan calon di Solo.

“Kami ingin agar masyarakat dilibatkan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan melalui penguatan lembaga dan fungsi dewan pendidikan dan komite sekolah. Kami juga ingin ada perbaikan tata kelola layanan pendidikan yang lebih transparan, akuntabel dan partisipatif,” tegas Suroto.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge