0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Kilang Minyak Terbuka Untuk Swasta

merdeka.com
ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Kalangan swasta diperbolehkan membangun kilang minyak dan gas bumi. Hasil kilang nantinya dibeli Pertamina. Ketentuan tersebut bakal termuat dalam draf peraturan presiden yang saat ini masih dimatangkan.

“Mengenai Perpres kilang ada di tempat saya. Terakhir kami masih mendiskusikan dengan Pertamina,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Kamis (3/12).

Awalnya, kata Darmin, Pertamina punya dua opsi proyek kilang. Yaitu, menggarap sendiri atau bekerja sama dengan swasta.

“Belakangan kami bilang nggak bisa, harus ada pilihan ketiga. Yaitu, swasta bisa masuk tapi offtaker-nya Pertamina dengan tarif yang efisien,” katanya.

Model ini sudah diterapkan di proyek listrik. Di mana, pembangunan pembangkit listrik diserahkan swasta. Dan, PT Perusahaan Listrik Negara bakal membeli listrik yang dihasilkan.

“Jadi seperti Independent Power Producer (IPP), ditenderkan. Tadinya Pertamina itu agak enggan tapi kalau dia kerjakan semua pasti nggak sanggup,” katanya.

“Pasti akan sedikit sekali yang bisa dikerjakan. Kalau dibuka, swasta boleh masuk tapi offtaker-nya harus ke Pertamina, yang penting dia efisien. Kalau soal pilihan tempatnya apanya silahkan itu.”

[yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge