0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setnov Bisa Dikenai Pasal Penipuan

Ketua Fraksi Golkar DPR, Setya Novanto (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Ketua DPR, Setya Novanto (Setnov), bisa dikenakan pasal penipuan jika PT Freeport Indonesia merasa dirugikan. Asalkan, mereka mau melaporkan politikus Golkar ini ke pihak Kepolisian.

“Seperti yang saya sampaikan ini bisa saja ini ada tindakan penipuan, dari sisi PT Freeport apabila ini merasa dirugikan. Sementara kalau dari hasil semalam belum terlihat, apakah ini tipikor atau pidana umumnya,” kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Kamis (3/12).

Namun kasus tersebut tengah diselidiki oleh Kejaksaan Agung. Oleh sebab itu, dia mengatakan, perlu penelitian dan pengkajian terhadap kasus itu.

“Tadi saya tanyakan ke Jamintel, ini masih dalam penyelidikan artinya kalau penyelidikan itu masih melakukan penelitian termasuk mencari fakta-fakta hukum apakah betul sudah terjadi tindak pidana dan pidana apa,” kata dia.

“Jadi makanya Kejagung masih melakukan penelitian belum sampai pada penyidikan. Makanya nanti akan disimpulkan. Karena belum jelas ini apakah Tipikor apa tindak pidana umum. Kalau pidana umum kita juga akan turun. Makanya kita masih tunggu gimana di MKD nya. Ini kan belum. Dari pihak PT Freeport kan juga belum,” sambung dia.

Meski rekaman telah mengungkapkan adanya negosiasi kontrak PT Freeport, dia mengatakan, bahwa rekaman yang diputar dalam sidang MKD DPR belum bisa menjadi bukti penipuan. Dia menegaskan, perlu kerja sama dengan PT Freeport untuk mengungkap kasus itu.

“Kita perlu kerjasama, kalau PT Freeport tidak mau kan juga nggak bisa kita tangani. Bukan soal ada tidaknya laporan, perlu ada kerjasama dengan PT Freeport, bagaimana mungkin kita menangani kasus kalau yang dirugikan sendiri tidak bersedia. Ini yang jadi persoalan,” jelas dia.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge