0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Proyek Pembangkit Listrik dan Kilang Minta Dipercepat

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta agar pembangunan proyek pembangkit lisrik segera dibangun. Selain itu, Jokowi juga minta agar pembangunan kilang minyak juga dapat direalisasikan.

“Pembangunan pembangkit listrik dan kilang semuanya harus dipercepat,” kata Jokowi, Kamis (3/12).

Jokowi menginginkan agar kilang untuk menampung dan mengolah minyak nasional sudah berdiri pada akhir 2019. Proyek tersebut diyakini bakal segera terwujud karena didukung investor yang sudah lama mengantre.

“Dan kita lihat kesempatan itu sangat ada, karena investor yang mau masuk antre, sekarang hanya kesiapan kita untuk berikan kecepatan pelayanan sehingga peluang ini enggak hilang, bisa kita tangkap, bisa dilaksanakan di lapangan, dan akhir 2019 rasio elektrifikasi bisa mencapai 100 persen seperti yang kita harapkan,” jelas Jokowi.

“Saya minta semua dipercepat, baik oleh pemerintah, BUMN, jangan ada alasan, jangan sampai ditunda-tunda. Saya minta ada laporan dulu sampai pagi hari ini masalah listrik seperti apa, dan kilang seperti apa,” tutup Jokowi.

Secara terpisah, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk segera membangun kilang di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur. Sebab, pembangunan kilang di Indonesia terakhir kali dibangun sejak tahun 1984.

“Karena terakhir kita bangun di Balongan, terlalu lama. Selama ini enggak dibangun karena ada yang mendesain minyak kita enggak maksimal. Dari tahun 1984 kita enggak bangun kilang. Sekarang kita separuh ekspor, impor, lifting kita menurun, maka enggak ada pilihan lain kita bangun sendiri,” ucap Pramono.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge