0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendaftar PKM Unisri Meningkat Pesat

Wakil Rektor III Unisri, Sutoyo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pendaftar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Universitas Slamet Riyadi (Unisri) tahun 2015 ini mengalami peningkatan pesat. Bila tahun 2014 lalu hanya sekitar 15 pendaftar, tahun 2015 meningkat menjadi sekitar 85 pendaftar.

“Terjadi peningkatan cukup signifikan memang, meskipun kami targetkan 150 pendaftar,” ujar Wakil Rektor III Unisri, Sutoyo kepada Timlo.net saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/12).

Namun dari 15 pendaftar pada tahun 2014, menurut Sutoyo, yang lolos didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebanyak lima proposal. Tahun 2015 ini yang mengajukan atau mendaftar sebanyak 85 pendaftar, diharapkan ada separonya bisa lulus, atau sebanyak 40 proposal yang lolos.

Menurutnya, peningkatan pendaftar PKM Unisri tidak lepas dari rintisan melalui sejumlah pelatihan dan sosialisasi PKM di masing-masing fakultas. Masing-masing fakultas pun juga mengadakan pelatihan-pelatihan dan pendampingan.

“Masih ada kendala memang, karena tangan-tangan panjang di masing-masing fakultas belum mensosialisasikan secara utuh kepada mahasiswa. Sehingga program PKM belum bisa dipahami secara menyeluruh oleh para mahasiswa,” jelasnya.

Namun demikian, kata Sutoyo, ke depan sosialisasi dibarengi adanya pelatihan-pelatihan, diharapkan bisa mendongkrak kepesertaan mahasiswa dalam program PKM. Bahkan tahun 2016, yang didanai pada tahun 2017, mahasiswa dalam mendaftar PKM mencapai 300 proposal.

“300 proposal yang didaftarkan itu, bagi kami tidaklah muluk-muluk, karena mulai tahun 2016 strategi merekrut mahasiswa ikut program PKM kami intensifkan,” jelasnya.

Sutoyo menyatakan, PKM itu penting, karena merupakan ukuran prestasi sebuah perguruan tinggi. Sehingga kalau keikutsertaan mahasiswa PKM masih rendah misalnya, berarti kurang bagus bagi perguruan tinggi bersangkutan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge