0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PGRI Solo Rintis Jurnal Penelitian Guru

Ketua PGRI Kota Solo, Sugiaryo (dok.timlo.net/red)

Solo — Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Solo, Sugiyaryo menyatakan, hingga saat ini PGRI belum memiliki jurnal khusus guru. Jurnal yang mewadahi hasil karya ilmiah para guru terutama yang berkaitan erat penelitian.

“Padahal penelitian para guru terutama tentang tindakan kelas sangat berguna bagi kemajuan bersama profesi guru,” jelas Sugiyaryo saat diminta komentarnya oleh Timlo.net tentang publikasi hasil penelitian guru, di Solo, Kamis (3/12).

Sugiyaryo mengatakan, selama ini hasil karya para guru terkait penelitian sebagian hanya tersimpan. Kalaupun sempat terbaca atau diketahui oleh guru, hanya terbatas pada kalangan guru terdekatnya. Kalaupun sempat terpublikasi melalui jurnal penelitian, tidaklah banyak. “Umumnya belum terpublikasi secara luas,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Ketua PGRI Solo, pihaknya kini sedang merintis jurnal penelitian guru. Jurnal yang memuat hasil karya penelitian guru tersebut diharapkan sudah dapat diterbitkan awal tahun 2016 mendatang.

Sugiyaryo mengemukakan, publikasi hasil penelitian guru adalah penting. Penting untuk kepentingan pribadi guru, juga akan membantu proses kenaikan pangkat guru yang bersangkutan dengan adanya penambahan angka kredit yang didapat guru melalui pengembangan diri dan karya tulis.

Selain itu, hasil penelitian guru tersebut bisa menjadi referensi bagi guru lain untuk bisa meningkatkan kualitas pembelajarannya. Sebab sebagai guru, dituntut salah satunya dituntut harus memiliki kompetensi profesional. Guru harus menguasai ilmu di bidangnya, guru juga harus mampu mengembangkan ilmu tersebut dalam penerapannya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge