0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hingga Oktober, 312 Orang Terinfeksi HIV/AIDS

dok.timlo.net/red
Ilustrasi HIV/AIDS (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Hingga Oktober 2015 terdapat 312 orang terdeteksi terjangkit virus HIV-Aids (ODHA) di Karanganyar. Dari jumlah itu, sebagian baru taraf HIV sedangkan sebagai lainnya sudah Aids. sebagian besar dari para pengidap penyakit mematikan tersebut sudah mendapat pendampingan di Kota Solo

“Hanya ada dua klinik VCT di Karanganyar. Yakni di Puskesmas Kerjo dan RSUD Kartini. Para pengidap virus ini kebanyakan didampingi KPA Solo,” jelas Pengelola Program Pendampingan Sekretariat KPA Karanganyar, Sukamto, Rabu (2/12).

Paling rentan tertular adalah para pekerja seks komersial (PSK) karena penyakit ini salah satunya menular lewat hubungan badan. Sukamto menambahkan, pihaknya secara terus menerus melakukan sosialisasi terhadap bahaya HIV/Aids terutama kepada komunitas yang rentan tertular penyakit ini.

“PSK paling rentan, selain itu pria yang suka ‘jajan’ juga sangat rentan,” jelasnya

Sedangkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, tak kurang 280 penduduk Bumi Intanpari terinfeksi virus HIV sejak tahun 2000 hingga sekarang.

“Dari jumlah itu, 147 penderita sudah dalam keadaan AIDS, sementara 133 orang dalam kondisi terinfeksi HIV. Sebanyak 71 penderita telah meninggal dunia,” kata Kepala DKK Cucuk Heru Kusumo.

Selanjutnya sekitar 34 persen penderita penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini masuk kelompok usia produktif antara 30-39 tahun.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge