0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMA dan SMK Wonogiri akan Dikelola Provinsi

Kepala Disdik Wonogiri, Siswanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Rencana pengelolaan SMA dan SMK oleh Dinas Pendidikan Provinsi seperti diatur UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, disambut baik Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri.

“Saat ini dalam taraf verifikasi P3D (pembiayaan personal prasarana dan dokumen),” ujar Kepala Disdik  Wonogiri, Siswanto, Rabu (2/12).

Menurutnya, saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai rapat persiapan untuk mengaktualkan data guru pegawai negeri sipil (PNS) atau wiyata bakti, dan sekolah negeri atau swasta mana saja yang bakal diambil alih oleh propinsi.

“Kita menyambut baik rencana ini. Karena hal ini akan lebih efektif dan kita bisa lebih fokus menangani pendidikan di Wonogiri ini,” jelasnya.

Dikatakan, pola pengelolaan SMA dan SMK oleh propinsi merupakan pola lama sebelum otonomi daerah diberlakukan. Dimana Disdik tingkat kabupaten hanya mengelola pendidikan dasar saja.

“Oktober 2016 mendatang, berkas-berkas P3D baru akan kita limpahkan ke propinsi, harapannya awal Januari 2017 pengelolaan SMA dan SMK sudah diambil alih Dikmen Propinsi,” katanya.

Ditambahkan, soal rumusan penanganan Dikmen (SMA/SMK), sejauh ini dirinya belum mengetahui. Pihaknya masih menunggu kejelasan propinsi.

“Soal surat-surat dan pengawasan kemungkinan kita yang membantu. Kita contohkan, Sekolah Luar Biasa (SLB), itu kan sudah dimilik propinsi, dalam hal pengawasan masih dilimpahkan pada dinas ini,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge