0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lampu Bus Mati, Sopir Langsung Diberi Surat Peringatan

dok.timlo.net/daryono
Pemeriksaan bus di di Terminal Tirtonadi (dok.timlo.net/daryono)

Solo —┬áSudarno (43), sopir PO Sri Mulyo jurusan Solo – Yogya- Purwokerto, hanya bisa pasrah ketika petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo memberikan surat peringatan. Lampu utama bus yang dia kemudikan kedapatan mati.

“Biasanya ya hidup. Tadi sekrengnya mati jam 4. Bus ini kan jalannya siang. Tetapi nanti langsung kami perbaiki,” kata Sudarno membela diri.

Peringatan itu bagian pemeriksaan kelengkapan kendaraan yang dilakukan Kementerian Perhubungan. (Kemenhub) bersama Dishubkominfo Solo di Terminal Tirtonadi, Rabu (2/12). Puluhan armada bus dicek kelengkapannya mulai dari lampu, kondisi ban, weeper, klakson, alat darurat dan perlengkapan lainnya.

Kabusdit Pengendalian Operasional Kemenhub, Marwanto Heru mengatakan, pemeriksaan kendaraan itu merupakan kegiatan rutin Kemenhub. Pemeriksaan angkutan umum bertujuan untuk memastikan keselamatan penumpang mengingat keselamatan menjadi orientasi utama Kemenhub.

“Pengawasan mencangkup standart pelayanan minimal umum. Bus yang diperiksa AKAP dan AKDP. Hal yang dicek meliputi pemenuhan syarat teknis dan laik jalan, administrasi kendaraan dan penyediaan alat tanggap darurat seperti alat pemecahan kaca, jalur darurat dan obat-obatan,” ujarnya.

Heru melanjutkan, beberapa temuan dalam pemeriksaan kali ini antaralan beberapa buku uji diketahui habis, trayek habis, lampu mati dan ban sobek. Untuk pelanggaran berupa trayek dan uji habis langsung diberikan tilang. Sementara untuk lampu mati, armada diberi toleransi untuk memperbaiki.

“Sampai sekarang ada 10 penindakan. 26 kendaraan kita periksa di sana (sisi timur), di sini (sisi barat ) 20 kendaraan. Pemeriksaan dilakukan selama dua hari, hari ini dan besok,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge