0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Putuskan Karnaval Budaya Tetap Digelar

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo (dok.timlo.net/red)

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo akhirnya memutuskan tetap menggelar karnaval budaya, 5 Desember mendatang. Keputusan tetap menggelar karnaval ini lantaran karnaval budaya sudah menjadi agenda KPU.

“Karnaval budaya tetap kita adakan pada tanggal 5 Desember. Itu sudah terjadwal dan menjadi kegiatan KPU yang harus dijalankan,” kata KPU Solo, Agus Sulistyo kepada wartawan, Selasa (1/12).

Sebelumnya, KPU didesak oleh musyawarah pimpinan daerah (Muspida) untuk tidak menggelar karnaval budaya dengan alasan menjaga kondusifitas. Selain itu, pasangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo juga menyatakan tidak akan mengikuti karnaval budaya lantaran kekhawatiran tidak bisa mengendalikan massa.

Agus melanjutkan, meski ada penolakan dari salah satu paslon, hal itu tidak menjadi kendala. Jika tidak hadir dalam karnaval budaya hal itu merupakan hak paslon.

Karnaval budaya, lanjut Agus, dimaksudkan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Solo siap menggelar Pilkada. Terlebih, KPU mencanangkan Solo sebagai kota ramah demokrasi.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, karnaval budaya bakal diisi dengan longmarch jalan kaki mulai dari Stadion Manahan hingga Balaikota. Acara tersebut akan diikuti 700 hingga 1.000 peserta dari elemen masyarakat, penyelenggara pemilu serta perwakilan paslon.

“Malamnya akan dilakukan doa bersama oleh lima pemuka agama. Esensi doa bersama hampir sama dengan karnaval, memberikan pesan bahwa Solo siap melaksanakan pilkada secara damai,” jelas dia.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge