0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

‪2016, Karangpandan Jadi Kawasan Nol RTLH

Wabup Rohadi Widodo, meninjau pasar murah di Karangpandan ()

Karanganyar  — Kecamatan Karangpandan, Karanganyar akan dijadikan lokasi percontohan wilayah bebas rumah tidak layak huni (RTLH) pada tahun 2016 mendatang. Saat ini di kecamatan tersebut masih ada 176 RTLH, yang tersebar di sejumlah desa. Pemkab Karanganyar berencana merehab seluruh RTLH di Karangpandan menjadi hunian yang layak tahun depan.

“Dari 17 kecamatan di Karanganyar, Karangpandan merupakan kecamatan yang saat ini jumlah RTLH-nya paling sedikit,” kata Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Senin (31/11).

Dijelaskan, seluruh RTLH yang masih ada di Kecamatan Karanganpan bisa direhab semua pada tahun depan. Sehingga Karangpandan ini jadi kawasan zero atau nol RTLH dan menjadi percontohan untuk kecamatan lain.

“APBD 2015 kan menganggarkan Rp 2 miliar untuk rehab 500 RTLH. Mudah-mudahan di APBD 2016 juga dianggarkan dengan nilai yang sama, setiap rumah bisa dapat Rp 4 juta untuk perbaikannya,” jelasnya.

Menurut Rohadi, Pemkab juga akan mengupayakan sumber-sumber pendanaan lain untuk merehab RTLH yang belum terkaver APBD. Misalnya dari Kementerian Sosial (Kemensos), yang dari pengalaman sebelumnya mendapatkan Rp 200 jutaan untuk program perbaikan RTLH.

“Dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) juga ada anggaran untuk program serupa. Tapi berapa nilai yang akan diperoleh Karanganyar, belum tahu. Dari PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) juga ada pemugaran rumah. Alokasi Dana Desa (ADD) juga bisa dialokasikan ke situ,” tuturnya.

Selain itu, Pemkab akan menggandeng perusahaan-perusahaan untuk menyalurkan dana CSR (coorporate social responsibility) untuk pemugaran rumah tidak layak.

“Artinya, banyak sumber pendanaan yang bisa dimanfaatkan. Harapannya, jumlah RTLH semakin sedikit dan nantinya tidak ada sama sekali. Mudah-mudahan, untuk tahun depan, bisa direhab 1.000 hingga 1.500 unit RTLH di Karanganyar,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge