0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Java Promo Siapkan Paket Wisata 2016

Grojogan Sewu, salah satu tujuan wisata di Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Forum Kerjasama Pengembangan Pariwisata Antarkabupaten/kota Java Promo segera menentukan langkah strategis yang akan dilakukan di tahun 2016, untuk mempromosikan potensi wisata yang dimiliki kabupaten/kota anggota forum.

Penentuan langkah didasarkan pada hasil kajian pemaketan wisata yang dilakukan forum pada 2014 lalu, serta analisa pasar dari pemaketan wisata yang dikaji pada 2015 ini.

“Dan promosi bersama akan lebih efektif, daripada dilakukan sendiri-sendiri. Tahun 2014, kami lakukan kajian pemaketan wisata, sementara tahun ini kami lakukan analisa pasarnya,” kata AA Ayu Laksmidewi, Sekretaris Sekretariat Bersama (Sekber) Java Promo, Senin (30/11).

Ayu mengatakan, pemaketan wisata, menurutnya, efektif untuk menawarkan objek wisata yang dimiliki daerah secara bersama-sama.

“Misalnya, ditawarkan paket wisata 3 hari, meliputi kota/kabupaten mana saja, objek wisatanya mana saja. Ini bisa ditawarkan ke travel agent, untuk kemudian ditawarkan ke wisatawan,” katanya.

Dengan paket tersebut, wisatawan bisa menjangkau beberapa kabupaten/kota yang menjadi anggota Java Promo.

“Hanya saja, ada kendala soal airport. Bandara yang paling strategis terkait pemaketan wisata ini ada di Yogyakarta dan Solo. Ini sedikit menyulitkan daerah yang lokasinya jauh dari airport,” jelasnya.

Kendala-kendala itulah, yang akan dicari solusinya dalam penentuan langkah strategis promosi wisata tahun depan. Termasuk bentuk promosi yang akan dilakukan.

Ditambahkannya, promosi wisata secara bersama-sama efektif untuk mendongkrak tingkat kunjungan, karena pariwisata adalah kegiatan yang tak terbatas pada batas wilayah.

Untuk diketahui, Forum Java Promo beranggotakan 16 kabupaten/kota di DIY dan Jawa selatan. Yakni Karanganyar, Boyolali, Semarang, Kota Magelang. Kabupaten Magelang, Sleman, Klaten, Gunungkidul, Bantul, Yogyakarta, Kulonprogo, Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, Wonosobo dan Temanggung.

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo dalam sambutannya di forum tersebut berharap, Java Promo bisa menjadi salah satu pemicu kunjungan wisatawan ke daerah-daerah anggota forum.

“Paket-paket wisata bisa dikemas, untuk ditawarkan ke wisatawan. Event untuk menarik minat turis, juga bisa diadakan. Pariwisata yang berjalan bagus, akan meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge