0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengidap Psikotik, Wanita Ini Dipasung Dua Tahun

Kasiyah menjalani perawatan di RSUD SudiranMangunSumarso, Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Kasiyah (40) penderita psikotik asal Desa Gambir Anom, Kecamatan Kismantoro, akhirnya mendapat perawatan rumah sakit. Sebelumnya, dia dipasung oleh keluarganya, dan menempati ruangan yang tidak layak huni.

“Sebenarnya dia punya suami dan anak yang duduk di bangku SMP dan SD, karena mengidap psikotik dia dipulangkan ke Gambir Anom ke rumah kakaknya,” ujar Camat Kismantoro Joko Purwidyatmo, Senin (30/11).

Awalnya, kata Joko, pemerintah kecamatan menemukan pasien tiga bulan lalu. Kemudian, karena tidak memiliki BPJS pemerintah kecamatan memfasilitasi pasien mendapatkan BPJS. Tetapi, kemudian, setelah konsultasi dengan Dinas Sosial Wonogiri, tidak perlu menggunakan BPJS karena ada program dari Dinas Sosial. Kemudian, pihaknya membawa ke RSUD Sudiran Mangun Sumarso dengan fasilitasi Dinsos.

“Dia pasung sudah hampir dua tahun,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Wonogiri Suwartono mengatakan, pasien dirawat di RSUD Soediran Mangun Sumarso karena merupakan keluarga tidak mampu. Sedang biayanya ditanggung pemerintah daerah.

“Untuk penyembuhan kejiwaannya, sekaligus mengobati luka bekas pasungan,” tandasnya.

Direktur RSUD Soediran Mangun Soemarso melalui Iwan, Humas dr Soediran Mangun Soemarso mengatakan, pasien telah diterima pihak rumah sakit dan mulai dirawat di ruang isolasi yakni Bangsal Dahlia Kamar Jiwa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge