0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Karanganyar Dorong Kemajuan UKM

Wabup Karanganyar Rohadi Widodo meninjau pameran produk di Karangpandan (doktimlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar mendorong unit kegiatan usaha seperti usaha kecil dan menengan (UKM) yang dikelola masyarakat untuk memasarkan produk dengan packaging atau pengemasan yang bagus. Sebab hal itu akan meningkatkan nilai ekonomi dari produk yang dijual, sehingga lebih mudah diterima pasar.

“Produk yang secara rasa layak dan packaging-nya bagus, bisa diajak untuk mengikuti pameran-pameran. Bahkan akan menjadi suguhan bagi tamu-tamu pemerintahan di Karanganyar,” kata Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Senin (31/11).

Pengemasan produk, menurut Wakil Bupati, mempunyai pengaruh signifikan agar produk yang dikembangkan masyarakat bisa menembus pasar.

“Kadang ada, produknya bagus, pengemasannya kurang, sehingga nilai ekonominya menjadi tidak maksimal. Nah, Pemkab terus mendorong, agar produsen memerhatikan soal ini. Pemkab akan membantu pada packaging-nya, agar produk tersebut bisa diterima pasar yang lebih luas,” tandasnya.

Mengenai perkembangan unit usaha masyarakat, Rohadi mengatakan, sejauh ini cukup bagus. Di Karangpandan saja, saat ini terdapat 273 kelompok masyarakat yang dibina PNPM dan Bapermasdes dalam mengembangkan unit usaha bersama.

Untuk mendukung usaha, di kecamatan tersebut juga ada kegiatan simpan pinjam yang nilainya saat ini sudah mencapai Rp 3,7 miliar, dengan rasio kredit macet hanya 3,6 persen.

“Ini sudah bagus. Artinya, kegiatan usahanya berjalan, simpan pinjamnya juga berjalan dengan rasio kredit macet yang juga cukup kecil. Kami berharap, ini bisa ditumbuhkembangkan, untuk mendorong kewirausahaan di kalangan masyarakat dan bisa menambah pendapatan mereka,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge