0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Patrice Ngaku Dipaksa Terima Uang Rp 200 Juta

dok.merdeka.com
Patrice Rio Capella jalani sidang (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Di dalam persidangan, mantan Sekjen NasDem Patrice Rio Capella mengakui dirinya menerima uang sebesar Rp 200 juta. Uang tersebut berasal dari Gubernur Sumatera Utara (Sumut) nonaktif Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti.

Meski demikian, ia berdalih saat itu dipaksa menerima uang oleh Fransisca Insani Rahesti alias Sisca anak buah Otto Cornelis Kaligis.

“Pada April 2015, Siska hadir dalam pertemuan yang dihadiri Gatot dan Kaligis di Hotel Mulia, tepatnya di restoran Endogin. Dalam pertemuan itu, Gatot curhat tengah ada masalah dengan wakilnya Tengku Erry Nuradi, dan meminta saya supaya diadakan islah,” ujar Rio saat persidangan di Pengadilan Tipikor, Kemayoran, Jakarta, Senin (30/11).

“Saya tolak, karena saya nggak kenal secara pribadi dengan Tengku Erry. Dia di NasDem baru seminggu, jadi enggak kenal,”tambanya.

Maksud Gatot memberikan uang itu, lanjut Rio, supaya dirinya mampu memfasilitasi pertemuan antara Gatot dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh untuk membicarakan persoalannya dengan Tengku Erry Wakil Gubernur Sumut. Namun, Rio menolak permintaan Gatot.

“Saya bilang kan ada Pak OC, Pak OC aja lah langsung (ketemu Surya Paloh),” kilahnya.

Setelah pertemuan itu, islah antara Gatot dan Erry di Kantor NasDem yang dihadiri Surya Paloh, serta OC Kaligis. Namun, sekali lagi Rio tidak tahu menahu tentang pertemuan islah itu.

“Selanjutnya, setelah islah, saya dihubungi kembali oleh Siska dan bertemu di di Hotel Kartika Chandra,”jelasnya.

“Sampai di situ dia kasih dokumen dan duit. Dia bilang ada titipan dari Evy, saya tanya Evy siapa, karena saya enggak pernah tahu Evy, terus dikasih tahu Evy itu istri Gatot, katanya itu ada titipan dari Evy,” bebernya

“Katanya ini buat ngopi-ngopi, breakfast,” tambahnya.

“Tapi saya menolak tapi Siska terus memaksa dan akhirnya uang tersebut saya terima. Karena kita teman dekat jadi saya nggak bisa nolak,” ujar.

Ketika dicecar, apa duit pemberian Sisca ada hubungannya dengan islah, Rio membantah. Dia mengatakan tak pernah mengislahkan Gatot-Erry.

“Enggak ada. Bukan saya (yang mengislahkan),” tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Patrice menerima Rp 200 juta dari Gatot Pujo Nugroho dan Evy Susanti. Uang diberikan karena Rio menjembatani islah antara Gatot dan Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

Ia juga diketahui bertemu Evy dan Sisca. Mereka diduga akan menjalin komunikasi dengan Jaksa Agung sepulang dari umroh terkait masalah yang dialami Gatot.

Diketahui, Rio Capella dijerat Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. [rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge