0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perawat Kesehatan Jiwa Sangat Dibutuhkan

M Fatkhul Mubin MKep Jiwa (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ketua I Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IKPJI) Jawa Tengah, M Fatkhul Mubin MKep Jiwa menyatakan, sekarang ini perawat kesehatan jiwa sangat dibutuhkan. Karena saat ini perawat  yang memang memahami tentang kesehatan jiwa kurang. Kalau mengetahui masih sekilas-sekilas saja.

“Kondisi masyarakat yang terkena gangguan jiwa belakang ini lumayan meningkat,” ungkap Fatkhul kepada Timlo.net, di Solo, Senin (30/11).

Fatkhul mengemukakan, kondisi masyarakat belakang ini banyak yang kurang paham menyangkut kesehatan jiwa. Padahal masalah yang diderita oleh sejumlah masyarakat itu sering kali menyebabkan masalah-masalah tidak terduga, seperti bunuh diri, penceraian, histeria, pembunuhan dan sebagainya.

“Semua itu sebetulnya permasalahan kesehatan jiwa,” ujarnya.

Untuk itu, kata Fatkhul, sudah saatnya perawat-perawat termasuk dokter mau mulai mendalami perihal bidang kesehatan jiwa. Seiring itu, mereka yang sudah menekuni kesehatan jiwa mau mensosialisasikan tentang apa dan bagaimana kesehatan jiwa.

“Idealnya, satu kelurahan minimal terdapat satu perawat yang paling tidak tahu tentang seluk beluk kesehatan jiwa,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge