0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Persimpangan Jalur Solo-Semarang Rawan Macet

Petugas Satlantas Polres Boyolali urai kemacetan arus lalu lintas di pertigaan Ngangkruk, Banyudono (timlo.net/nanin)

Boyolali — Satlantas Boyolali mulai melakukan upaya untuk mengurai kemacetan di jalur utama Solo-Semarang. Setidaknya ada titik persimpangan yang selama ini rawan macet. Tiga persimpangan tersebut, pertigaan Ngangkruk, Banyudono, pertigaan Randusari, Teras dan pertigaan depan Patung Soekarno, Mojosongo.

“Macet di tiga persimpangan itu karena traffic light yang ada mengakibatkan antrian panjang, sehingga kendaraan tidak terurai maksimal,” kata Kasat Lantas AKP Yuna Ahadiyah, Minggu (29/11).

Untuk mengurai kemacetan, butuh rekayasa lalu lintas di persimpangan tersebut. Pihaknya saat ini mengusulkan ke Dishubkominfo Boyolali, agar arus lalu lintas dari arah Semarang menuju Solo dibiarkan jalan terus dilajur kiri. Dengan begitu, tidak aka nada kepadatan arus akibat lampu merah.

“Kita sudah ajukan usulan, sampai sekarang belum ada jawaban,” tambahnya.

Selain rawan macet, angka kecelakaan di tiga persimpangan itu juga tinggi. Pihaknya menghimbau ke pengguna jalan agar lebih meningkatkan kewaspadaan di jalur utama Solo-Semarang, terutama di jalur Boyolali-Kartasura. Pasalnya, di jalur tersebut, jalur lurus sehingga sering memicu pengendara memacu melintas dalam kecepatan tinggi.

“Bukaan median jalan dengan tidak dilengkapi rambu-rambu juga memicu laka lantas,” tambahnya.

Terpisah, Kasi Bina Tertib Lalin Dishubkominfo Boyolali, Ahmad Zaenuddin mengatakan, untuk persimpangan di kawasan Patung Soekarno memang sudah ada rencana untuk rekayasa lalin di kawasan tersebut. Namun pihaknya masih melakukan kajian mendalam. Terkait kelengkapan rambu-rambu di sepanjang jalur Boyolali – Kartasura, karena itu jalan nasional, pihaknya berencana mengajukan pengadaan dan realisasi menunggu persetujuan dari pusat.

“Untuk lampu traffic light sudah kita ganti,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge