0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beristri Dua, Lelaki Ini Cek Darah Pemeriksaan AIDS

Pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan HIV/AIDS di Plasa Sriwedari, Minggu (29/11) (timlo.net/daryono)

Solo – Atas dasar kemauan sendiri, Yuli Darmanto (63) memeriksakan diri di pemeriksaan darah yang digelar Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Solo, Minggu (29/11). Ia rela darahnya diambil sampel untuk mengetahui apakah dirinya terkena AIDS atau tidak.

“(Tes darah) Ini kemauan saya sendiri. Biar tahu kena AIDS atau tidak. Soalnya istri saya kan dua. Katanya AIDS itu karena gonta ganti pasangan. Apakah kalau istri saya dua bisa menyebabkan itu (AIDS),” kata Darminto kepada Timlo.net usai pengambilan sampel darah.

Darminta menyatakan tidak paham betul dengan AIDS. Namun, dari informasi yang diterimanya, AIDS merupakan penyakit ganas dan belum ada obatnya. Dari yang diketahuinya, sering gonta-ganti pasangan menyebabkan seseorang bisa terkena AIDS. Lelaki asal Kerten ini mengaku baru kali pertama memeriksakan darahnya.

Pengelola Program KPA Solo, Tomi Prawoto mengungkapkan pemeriksaan darah gratis di Plasa Sriwedari merupakan salah satu kegiatan menyambut Hari AIDS sedunia, 1 Desember nanti. Pemeriksaan diberikan secara gratis kepada masyarakat yang berminat memeriksakan diri.

“Kami memfasilitasi mereka yang berminat memeriksakan diri. Hasil tes darah bisa diketahui Rabu (2/11) setelah melalu pemeriksaan laboratorium,” ujar dia.

Kepada mereka yang terinfeksi HIV/AIDS, KPAI siap memberikan pendampingan berupa terapi secara gratis. Hal itu agar umur penderita bisa lebih panjang.

“Selama hidupnya penderita, kami siap mendampingi, namun kalau penderita tak mau melakukannya ya sudah,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge