0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo, Ratusan Orang Ikuti Jalan Sehat KPU

timlo.net/daryono
Ratusan peserta mengikuti jalan sehat yang dihelat KPU Solo (timlo.net/daryono)

Solo — Mengenakan kaos ungu bertuliskan Solo Kota Ramah Demokrasi, ratusan orang mengikuti jalan sehat pemilihan walikota dan wakil walikota Solo 2015, Minggu (29/11). Melalui jalan sehat itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mengajak masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember mendatang.

“Target sosialisasi ini mereka yang ada di sunday market dan Car Free Day (CFD),” kata Ketua KPU Solo, di sela jalan sehat.

Jalan sehat diberangkatkan oleh Penjabat (Pj) Walikota Solo, Budi Suharto sekitar pukul 06.45 WIB. Mengambil start dari pintu selatan Stadion Manahan, peserta jalan sehat bergerak ke arah timur melewati bundaran Manahan ke arah Jl Muwardi. Dari Jl Muwardi berbelok kiri melalui CFD Jl Slamet Riyadi hingga perempatan Ngapeman belok kiri menuju Jl Yosodipuro dan finish lagi di Stadion Manahan.

Jalan sehat, lanjut Agus, merupakan salah satu agenda sosialisasi KPU. Diharapkan, masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang. Selain menyelenggarakan jalan sehat, KPU juga melakukan beragam upaya sosialisasi lainnya seperti ngamen lagu jingle Pilkada Solo, masuk ke kelompok masyarakat dan pemilih pemula.

Gencarnya sosialisasi lantaran KPU ingin target partisipasi sebesar 77,5 persen dapat tercapai. Terlebih, tingkat partisipasi dalam pemilu di Solo dari tahun ke tahun cenderung mengalami kenaikan.

“Di Pilkada 2010, partisipasi pemilih sebesar 71 persen, Pilgub 2013 sebesar 69 persen, Pileg 2014 76 persen dan Pilpres 82 persen. Pilkada ini menjadi tantangan tersendiri bagi KPU Solo untuk mencapai target 77,5 persen sesuai yang digariskan KPpU pusat,” ujar dia.

Pantauan Timlo.net, lalu-lintas di kawasan Manahan mengalami kemacetan lantaran selain jalan sehat KPU, digelar pula apel peringatan HUT Korpri di waktu dan tempat yang sama. Dua kegiatan itu menambah kepadatan Sunday Market yang memang digelar setiap hari Minggu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge