0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gatot Nurmantyo : TNI On Call Bantu Polri Amankan Pilkada

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Hingga menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember mendatang, situasi keamanan tetap kondusif dan adem ayem. Sejumlah daerah memang mengalami persoalan, tetapi lebih pada urusan teknis pelaksanaan.

Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo mengungkapkan persoalan keamanan selama ini masih bisa diatasi oleh kepolisian dengan baik. Sementara TNI, hanya menyokong keamanan jika dibutuhkan.

“Pilkada aman-aman saja, adem ayem semoga sampai selesai akan adem ayem,” kata Gatot di acara temu kader FKPPI di Malang, Sabtu (28/11).

Keadaan tersebut, kata Gatot, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin demokratis dan semakin pintar. Sudah mampu melihat dan memposisikan diri dalam berperan aktifnya di dunia politik.

“Ini akan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang besar, penduduknya banyak tapi sangat demokratis, dan masyarakatnya cerdas,” katanya.

Namun demikian TNI akan selalu siap mendukung Polri untuk menyukseskan keamanan Pilkada serentak. Seluruh anggota TNI memiliki kewajiban dalam menciptakan kedamaian selama Pilkada.

“Semua anggota TNI disiagakan untuk siap setiap saat memberikan bantuan pengamanan kepada Polri. On call. Tetapi sudah mengantisipasi tempat-tempat yang harus diisi,” katanya.

Sementara Ketua FKPPI, Hans Silalahi mengatakan organisasi yang dipimpinnya tidak akan terlibat dalam dukung-mendukung calon kepala daerah. Tidak ada dukungan secara keorganisasian, tetapi kalau dukungan perorangan dipersilakan, sebagai hak politik.

“Sikap kita sudah tegas, secara organisasi tidak akan terlibat dukung mendukung, netral pada pasangan calon,” katanya.

[eko]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge