0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan di Viaduk Gilingan akan Dilebarkan Jadi 12 Meter

Viaduk Gilingan Solo (dok.timlo.net)

Solo – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Solo akhirnya menerima kejelasan tentang proyek revitalisasi Viaduk Gilingan. Pengerjaan Viaduk Gilingan ini rencananya akan mulai dilaksanakan tahun depan, setelah sebelumnya ditunda dan gagal dilaksanakan pada tahun ini. Proyek yang dipandang bisa memperlancar arus lalu lintas di kawasan Jl A Yani tersebut sepenuhnya akan dipegang oleh pemerintah pusat.

“Sepenuhnya di pegang oleh pemerintah pusat,” ungkap Kepala DPU Solo Endah Sitaresmi Suryandari, Sabtu (28/11).

Pembangunan ini dianggap mampu menyelesaikan problem kepadatan lalu lintas yang ada di kawasan itu. Selama ini Viaduk Gilingan dianggap kurang lebar dan kurang tinggi. Sehingga arus kendaraan berat yang hendak menuju arah timur dan sebaliknya dialihkan ke Jl Monginsidi.

“Lebih segera dibangun lebih baik, karena untuk kendaraan berat selama ini dialihkan ke Jalan Monginsidi, sedangkan jalan itu sudah tidak layak untuk kendaraan berat, dan juga melintasi kawasan pendidikan sehingga membahayakan anak sekolah di ruas jalan itu,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPU Nur Basuki menjelaskan bahwa pengerjaan proyek ini akan langsung dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Saat ini Detail Engineering Design (DED)-nya tengah disusun oleh pemerintah pusat. Bahkan untuk pencairannya pun juga dilakukan melalui Bina Marga Provinsi Jawa Tengah.

Dijelaskan, saat ini lebar jalan di viaduk tersebut adalah enam meter. Dalam proyek itu akan dilebarkan menjadi 12 meter, sesuai kesepakatan dengan pihak PT Kereta Api Indonesia dan Pemerintah Kota Solo. Pelebaran ruas jalan tersebut akan dilakukan di sisi utara viaduk dan bergeser sejauh enam meter dari letak saat ini.

“Dari total lebar jalan 12 meter itu, yang 11 meter akan digunakan untuk jalan. Sisanya yakni satu meter bakal digunakan sebagai penyekat,” katanya.

Mengenai ketinggian viaduk, dirinya belum bisa memastikan, lantaran masih dalam pembahasan.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge