0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

NPC Indonesia Waspadai Non Teknis Tuan Rumah

dok.timlo.net/red
Atlet difabel (dok.timlo.net/red)

Solo — Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia siap menghadapi ASEAN Para Games 2015 di Singapura, 3-9 Desember mendatang. 190 atlet akan bertolak menuju negeri Singa, Senin (30/11) mendatang. Namun sebelum keberangkatannya, Indonesia yang berstatus juara bertahan, dikejutkan dengan adanya penyusutan beberapa nomor pertandingan dari sejumlah cabang olahraga (cabor-red). Hal ini menjadikan tingkat kewaspadaan bagi NPC Indonesia akan non teknis dari tuan rumah Singapura.

“Seperti di cabor renang, total ada enam nomor yang dihapus oleh pantia penyelenggaraan. Jika dikalkulasi ada 16 medali emas hangus, padahal jadi cabor andalan. Kami curiga ini bagian skenario menjegal Indonesia mempertahankan juara umum,” beber Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun kepada wartawan, Jumat (27/11).

Informasi tersebut baru diumumkan tiga hari yang lalu atau sepekan sebelum event digelar. Tak hanya di renang, hilangnya tiga nomor di cabor tenis meja, serta tujuh di atletik jelas semakin menyulitkan Indonesia untuk mempertahankan juara umum seperti di Myanmar 2013 silam. Diakuinya, penghapusan nomor tersebut diklaim pihak penyelenggara atas aturan dari Komite Paralimpiade Dunia atau International Paralympic Committee (IPC).

Bahkan, hingga detik ini, technical hand book yang seharusnya sudah dipegang seluruh kontingen negara peserta, tak juga diterima. Padahal dari technical hand book ini akan diketahui nomor-nomor pertandingan dan potensi-potensi raihan mana saja yang bisa didapat.

“Kalau benar demikian, setidaknya ada peluang 18 medali emas hilang. Kami sudah layangkan surat kepada pihak penyelenggara. Technical hand book juga belum kami terima, ini jelas faktor non teknis tuan rumah. Apapun itu atlet harus tetap berangkat dan fokus karena sudah berdasarkan entry by name event ini,” tandas Senny Marbun.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge