0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Yaa Qowiyyu, Pasren dan Sapu Gerang Boyolali Pameran Lukisan

Seorang pengunjung tengah melihat lukisan yang dipamerkan (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Menyambut tradisi sebaran apem atau Yaa Qowiyyu, Paguyuban Seni Rupawan Klaten (Pasren) menyelenggarakan pameran karya seni rupa, Selasa – Jumat (24-27/11), di Padepokan Ash Shomad Internasional, Jatinom.

“Ini kegiatan pajangan karya kolaborasi seni rupa antara Pasren dan komunitas Sapu Gerang Boyolali,” ujar Ketua Pasren, Ansori, Jumat (27/11).

Dikatakan, sebanyak 60 lukisan dipajang dalam kegiatan tahunan yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan tradisi Yaa Qowiyyu. Pameran sejak 2009 ini terselenggara berkat inisiasi Yayasan Ash Shomad Internasional yang berlokasi di sebelah timur Masjid Besar Jatinom.

“Meski dua tahun terakhir kami vakum, tapi ajang ini termasuk ajang rutin Pasren. Siapa pun boleh terlibat. Ini panggung bagi kita semua untuk memeriahkan Yaa Qowiyyu,” kata Ansori.

Hal serupa juga disampaikan As Widada (45) dari komunitas seni Sapu Gerang. Pelukis asal Salatiga tersebut mengapresiasi penyelenggara yang sudah memberikan panggung.

“Meski jauh dari keramaian dan digelar setahun sekali, antusiasme masyarakat disini lumayan. Bahkan ada sekitar enam lukisan yang laku terjual,” kata pelukis berambut gondrong ini.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge