0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Insiden Jukir Prambanan, Oknum Polisi akan Disidang

dok.timlo.net/aditya wijaya
Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo (tengah) saat jumpa pers (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kepolisian Resort (Polres) Klaten menegaskan, penanganan konflik antara anggota oknum Polda DIY Toni Pamungkas (TP) dengan sekelompok juru parkir (Jukir) toko emas di Prambanan pada 7 Juli 2015 silam ditangani secara profesional dan proporsional.

“Kami jalankan prosedur dengan hati-hati, karena Polres menerima laporan dari kedua belah pihak. Kami pun terbuka menerima masukan dari berbagai pihak untuk mengawal jalanya kasus tersebut,” kata Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo, Jumat (27/11).

Di hadapan wartawan saat jumpa pers di ruang Kasat Reskrim, AKBP Langgeng mengaku, institusi Polri dan negara justru menjadi korban. Sebab perbuatan oknum polisi Polda DIY tersebut mencoreng wibawa Polri dan negara.

Bahkan paska kejadian di toko terletak di Dukuh Koplak, Desa Kebondalem itu dirinya meminta Kapolsek Prambanan untuk mengantarkan kelompok Jukir ke Propam Polda DIY. Ternyata, pihak Propam meresponnya dengan baik dan diproses secara cepat.

“Organisasi Polri dan negara menjadi korban terhadap perilaku oknum TP. Maka yang bersangkutan akan diajukan dalam sidang disipilin bahkan kode etik. Pasalnya melanggar PPRI no 2 th 2012 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri, Perkap no 14 tahun 2011 tentang kode etik profesi Polri,” tegas Kapolres.

Kapolres meminta kepada semua pihak untuk mengisolir permasalahan ini hanya sebatas perselisihan antara oknum anggota Polri dengan tukang parkir saja. Sehingga tidak membawa nama organisasi Polri.

“Saya meminta permasalahan ini jangan merembet ke organisasi Polri dan jangan sampai mencurigai Polri. Agar tidak terjadi misskomunikasi, kami tegaskan sekali lagi bahwa organisasi Polri tidak melindungi oknum yang melanggar hukum dan yang bersangkutanpun juga akan dihukum,” pintanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge