0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Toko Fotografi di Solo Dicatut untuk Penipuan

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Solo — Pemilik toko alat fotografi, Vista yang terletak di Jalan Abdul Muis No 1 Solo merasa berang lantaran nama tokonya dicatut oleh orang tak bertanggung jawab. Beberapa hari terakhir, banyak orang yang mendatangi toko penyedia alat fotografi tersebut untuk mengambil sejumlah pesanan yang telah dibeli lewat transaksi internet. Padahal, pemilik tidak menerima uang transfer dari orang tersebut.

“Saya ya bingung kok ada orang mengaku sudah transfer melalui bank padahal saya tidak menerima transferannya,” ujar Marisa, pemilik toko Vista, baru-baru ini.

Informasi yang dihimpun, pelaku memajang sejumlah alat fotografi di internet dan mencantumkan nama Toko Vista. Alat fotografi yang ditawarkan dengan harga miring tersebut langsung menarik minat sejumlah konsumen toko online. Konsumen yang tidak mengerti tipu daya pelaku tersebut, digiring untuk mentrasfer sejumlah uang ke rekening tertentu dan dapat mengambil barang dengan menunjukkan bukti transfer itu.

Dari pelacakan yang dilakukan oleh pemilik toko, ada pelaku mengaku bernama Firman Hidayat, kadang menggunakan nama Hendra Wardana. Pelaku memajang sejumlah type kamera ber-merk dengan mencantumkan harga diskon.

“Misalkan kamera DSLR yang di toko resmi harganya Rp 5 juta, dilepas dengan harga hanya Rp 1 juta namun dengan syarat segera mentransfer uang, barang bisa diambil di toko Vista Jalan Abdul Muis  Solo,” ujar Marisa.

Sejumlah orang dari Surabaya, Semarang, Yogya bergegas mentransfer uang karena tergiur kamera murah. Setelah melakukan transfer mereka pergi ke Solo ke toko kamera Vista dengan maksud ingin  mengambil barang yang ia beli. Namun mereka kaget karena toko Vista tidak ada sangkut paut dengan iklan, bahkan toko Vista juga menjadi korban pencatutan.

Kasubag Humas Polresta Solo AKP Yuliantara kepada wartawan mengatakan, masyarakat agar lebih berhati-hati dalam bertransaksi bisnis melalui jual beli di portal internet.

“Jangan cepat  percaya, apalagi kirim uang .Usahakan bisa bertemu secara fisik kepada penjualnya, barang yang dijual bisa diteliti kualitasnya,” ujar AKP Yuliantara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge