0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mozilla Tinggalkan Google, Kerja Sama Dengan Yahoo

Dok: Timlo.net/ Geek.com.
Firefox. (Dok: Timlo.net/ Geek.com.)

Timlo.net—Mozilla, perusahaan pembuat browser populer Firefox mengungkapkan jika mereka tidak lagi bergantung pada penghasilan dari Google. Mereka menegaskan jika mereka akan memperoleh lebih banyak penghasilan dengan kesepakatan baru.

Selama beberapa tahun ini, sumber penghasilan utama Mozilla berasal dari kerja sama mereka dengan Google. Mesin pencari raksasa itu menggandeng Mozilla untuk menjadi mesin pencari mereka sebagai mesin pencari utama di Firefox. Pada 2014, penghasilan Mozilla dari kesepakatan ini mencapai $330 juta.

Tapi kontrak mereka dengan Google berakhir tahun lalu, dan Mozilla justru menggandeng Yahoo. Yayasan nirlaba itu menggandeng Yahoo sebagai mesin pencari utama mereka. Selain itu, Mozilla juga menggandeng mesin pencari lokal seperti Baidu di Cina dan Yandex di Rusia.

Untuk 2015 ke depan, Mozilla sepertinya yakin jika situasi akan bertambah baik. “Kami benar-benar menunggu untuk memperlihatkan hasil kami tahun depan,” kata CFO Jim Cook. “Tahun 2015 akan menunjukkan hasil finansial yang sangat kuat sebagaimana track record kami selama ini,” tambahnya.

Di Eropa sendiri, Google masih menjadi mesin pencari default untuk Firefox, tapi Mozilla tidak memperoleh uang dari Google. “Kami tidak memiliki hubungan komersial dengan Google saat ini,” kata Denelle Dixon-Thayer, kepala business and legal officer.

Sumber: GSM Arena.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge