0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendopo Rumdin Bupati Wonogiri Dilengkapi Akses Difabel

Sejumlah pekerja menggarap akses fasilitas difabel di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pendopo Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Wonogiri mulai dirombak. Nampak sejumlah anak tangga diganti dengan jalur landai dengan pegangan besi di kanan kirinya. Hal itu dimaksud untuk mempermudah akses khusus difabel.

“Pendopo baru awalnya saja, nanti berlanjut ke fasilitas lainnya,” ungkap Pejabat (Pj) Bupati Wonogiri, Sarwa Pramana, Jumat (/11).

Sarwa Pramana pun memerintahkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memberikan dan menyiapkan hak-hak kaum difabel. Salah satunya hak untuk mengakses fasilitas publik.

“Sehingga semua kebijakan yang menyangkut masyarakat, harus melibatkan difabel. Bukan jamannya lagi difabel dipandang sebelah mata,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng ini bahkan mengunggah dalam akun twitter resmi miliknya, yakni @bupatiwonogiri. Melalui akun tersebut, difabel dipersilahkan ikut memberikan kicauan.

“Kalau ada kebijakan yang kurang berkenan, dan apapun, silahkan tweet,” katanya.

Kepala Dinas Sosial(Dinsos) Wonogiri, Suwartono mengungkapkan, jumlah penyandang difabel di Wonogiri mencapai 1,05 persen dari total jenderal 13.097 difabel. Penanganannya dilakukan dengan sistem panti dan non panti. Untuk sistem panti, pihaknya bekerjasama dengan 11 panti asuhan (anak, wreda, penyandang, cacat dan panti penyandang sakit jiwa). Sedangkan yang melalui sistem non panti dengan memberi bantuan modal maupun pelatihan ketrampilan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge