0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BNP2TKI Intensif Cegah TKI Ilegal

Sekteraris Utama BNP2TKI, Hermono (tengah) (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) terus mengintensifkan upaya pencegahan terhadap pemberangkatan calon TKI ilegal ke luar negeri. Hal itu dilakukan  karena praktik ilegal tersebut masih marak terjadi.

“Berbagai upaya untuk menekan praktik ilegal tersebut telah kita lakukan, di antaranya dengan mengandeng kepolisian dan instansi lain seperti Direktorat Jenderal Imigrasi,” ujar Sektraris Utama BNP2TKI, Hermono kepada wartawan, di Solo, Kamis (26/11).

Menurutnya, masih banyaknya praktik pemberangkatan TKI ilegal tersebut menjadi salah satu penyebab lemahnya perlindungan terhadap TKI di luar negeri. Oleh karena itu sosialisasi dan perbaikan pendataan calon TKI terus dilakukan pemerintah guna meminimalisir hal-hal yang tidak dinginkan.

“Hampir 98 persen TKI yang bermasalah karena penempatannya ilegal. Karena itu kita selalu berupaya mencegah untuk memberikan penempatan kepada calon TKI yang berangkat di luar prosedural,” jelasnya.

Harmono juga menyampaikan, untuk meningkatkan kualitas SDM para TKI, pihaknya kerap  melakukan bimbingan teknis dan pelatihan bersama dengan pemerintah daerah guna meningkatkan kompetensi.

“Karena umumnya persoalan TKI adalah salahnya proses rekruitmen. Sehingga untuk memperbaiki hal itu pembenahan di segala lini, baik sebelum, selama dan setelah berangkat menjadi keharusan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge