0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Pilkada, Panwaslu Dekati Relawan

(Ilustrasi) Pilkada (dok.timlo.net/ist)

Solo – Meski sudah ada satu pengawas di tiap tempat pemungutan suara (TPS), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo bakal mendekati para relawan pengawas dalam pemilu legislatif (Pileg) maupun pemilihan presiden (Pilpres) lalu. Para relawan itu diharapkan bisa berpartisipasi mengawasi pemilihan calon walikota dan calon wakil walikota Solo, 9 Desember nanti.

“Kalau relawan yang mendaftar secara resmi nggak ada. Tetapi kita akan mendekati mereka-mereka yang sudah membantu kita saat Pileg dan Pilpres untuk kemudian membantu pengawasan,” kata anggota Divisi Pengawasan Panwaslu Solo, Budi Wahyono, kepada wartawan, Kamis (26/11).

Budi menegaskan, lantaran sudah ada pengawas TPS, relawan pengawas dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) kali ini sifatnya lebih partisipatif. Sifatnya benar-benar relawan, tidak mendapatkan apapaun apalagi pendanaan.

“Saat ini kita sedang mendata yang kemarin-kemarin terlibat dalam pengawasan. Jumlahnya 70- an mungkin. Karena kita, terutama PPL (Petugas Pengawas Lapangan) kan pernah bersinggungan dengan mereka,” ujar dia.

Selain mendekati para relawan pengawas dalam Pileg dan Pilpres lalu, Panwaslu juga memberikan sosialisasi tentang pengawasan kepada kelompok-kelompok tertentu seperti kelompok pemilih pemula. Dengan demikian, selain menjadi pemilih, masyarakat juga diharapkan sekaligus menjadi pengawas.

“Kita memberikan sosialisasi kepada akademisi, ormas, pemilih pemula. Mereka bisa menjadi pengawas dalam artian selain jadi pemilih juga menjadi pengawas,” jelas dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge