0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Wonogiri, KPU: Tak Ada Quick Count

timlo.net/tarmuji
Ketua KPU Wonogiri Mat Nawir (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dalam pemungutan suara Pilkada serentak 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri memastikan tidak ada quick count. Tapi, KPU tetap memiliki instrumen untuk mendapatkan hasil perolehan suara. Yakni, sistem input data yang terkoneksi dengan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK). Koneksi data menggunakan aplikasi khusus Pilkada melalui jaringan internet.

“Tidak ada quick count,” kata Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, Kamis(26/11).

Menurutnya, melalui sistem input data tersebut, setelah mendapatkan hasil dari TPS, PPK akan mengirimkan hasil penghitungan suara ke KPU melalui sistem input data. Pengiriman hasil dari TPS ke PPK akan dimulai pada hari H pelaksanaan pemungutan. Selanjutnya, KPU akan mempublikasikan hasil perhitungan suara melalui website resmi KPU.

“Salinan formulir C1 kami scan, kemudian kami publikasikan melalui website KPU. Sehingga masyarakat bisa mengetahui hasil penghitungan suara per TPS,” katanya.

Dikatakan, pelaksanaan Pilkada akan berbeda dengan pemilihan sebelumnya. Yakni tidak ada lagi proses rekapitulasi suara di tingkatan PPS desa/kelurahan. Setelah TPS kelar melaksanakan pungut hitung, langsung diserahkan ke PPK. Tiadanya proses di PPS, disebutnya akan memberikan penghematan waktu input data. Paling tidak, penghematan bisa sampai 2 hari.

“Sebelumnya, staf KPU bisa berhari-hari melakukan input data. Tapi nanti kami kira bisa lebih cepat, sebab tidak ada lagi proses di PPS,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge