0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Kecanggihan Heli AgustaWestland AW-101

merdeka.com
Heli AgustaWestland AW-101 (merdeka.com)

Timlo.net – Rencana pembelian helikopter AgustaWestland AW-101 tidak hanya untuk Presiden dan Wakil Presiden. Tapi juga digunakan untuk tamu-tamu negara sahabat yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

“Karena ini untuk VVIP, termasuk tamu negara maka TNI AU mengusulkan. Dan juga karena ini standarnya VVIP maka helikopter itu yang tahan peluru bukan yang kemudian orang iseng dari bawah bisa diinikan. Karena kan helikopter itu juga terbang sangat rendah,” kata Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Rabu (25/11).

“Nah alasan-alasan itulah yang kemudian kenapa diputuskan pembelian helikopter tersebut. Jadi sekali lagi itu semata-mata untuk persiapan bagi VVIP, yang kedua ini ditangani AU,” sambungnya.

Mantan Sekjen PDIP itu menegaskan, pemilihan jenis helikopter juga sangat diperhatikan. Faktor keamanan dan kenyamanan bagi presiden diprioritaskan.

“Yang jelas kalau untuk VVIP ya standar VVIP. Standar VVIP itu yang diutamakan keselamatan, jadi bukan kemewahan kemegahan tapi untuk keselamatan. Untuk Presiden, Wapres dan tamu-tamu negara. Para menteri tidak boleh ikut kecuali nebeng presiden,” tambahnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo akan menggunakan helikopter baru jika menggelar kunjungan ke daerah terpencil. Heli baru itu adalah AgustaWestland AW-101, hasil joint venture antara Westland Helicopters di Inggris dan Agusta di Italia. Heli ini tengah direncanakan didatangkan ke Indonesia.

Secara kapasitas, heli ini memiliki panjang 19,53 meter dan ketinggian 6,62 meter, sehingga memiliki ruang yang besar dan mampu mengangkut 13 orang penumpang ditambah 3 orang kru. Di dalamnya terpasang 3 unit mesin Rolls-Royce Turbomeca RTM322-01 turboshafts bertenaga 2.100 tenaga kuda.

AgustaWestland AW101 dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi penumpangnya, di mana terdapat beberapa fasilitas kelas VVIP. Tak hanya itu, heli ini memiliki standar keamanan seperti perahu karet, sarana bantalan udara seperti airbag saat terjadi benturan.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge