0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Status Keamanan Bandara Adi Soemarmo Solo Ditingkatkan

Dok. Timlo.net/Setyo
Bandara Internasional Adi Soemarmo (Dok. Timlo.net/Setyo)

Solo – Menyusul ancaman kelompok radikal Islamic State of Iraq and Siria (ISIS), status keamanan seluruh bandara di Indonesia ditingkatkan, dari status hijau menjadi kuning. Termasuk, di Bandara Adi Soemarmo Solo. Pihak otoritas bandara juga turut melibatkan pihak TNI-AU.

“Peningkatan keamanan diberlakukan mulai kemarin, sesuai instruksi dari Dirjen Perhubungan yang tertuang dalam INST Nomor 5 tahun 2015,” kata Manager Teknik dan Operasi Angkasa Pura I Bandara Adi Sumarmo Solo, Yaka, saat dihubungi wartawan, Rabu (25/11) siang.

Dikatakan, Peningkatan status ini lantaran ada ancaman terhadap sejumlah objek vital oleh teroris. Hal tersebut termasuk bandara yang menjadi objek penting.

Instruksi yang dikeluarkan berlaku diseluruh bandara di Indonesia. Namun, kondisi keamanan di Bandara Adi Soemarmo, Solo hingga saat ini normal dan tidak ada gejala yang mengkhawatirkan. Pihaknya menjamin, keamanan yang mrlibatkan TNI AU selalu siaga meski tidak terdapat instruksi tersebut.

“Intinya, kami selalu siaga baik ada instruksi ataupun tanpa instruksi,” tegas Yaka.

Lantaran Adi Sumarmo merupakan bandara umum yang berada di kawasan Militer, pihaknya berkoordinasi dengan pihak TNI AU untuk melakukan pengamanan. Baik berupa penjagaan maupun patroli.

“Kami bekerjasama dengan Lanud, dari sisi pengawasan maupun patroli keamanan yang dilakukan intensif selama 24 jam,” tuturnya.

Dia mengatakan pemberian status siaga kuning terus dilakukan hingga ada instruksi dari Dirjen Perhubungan Udara yang mengembalikan menjadi hijau.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge