0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Money Politik Masih Warnai Pilkada Serempak

(foto: Agung)

Sragen – Politik uang disinyalir masih terus mewarnai pesta demokrasi dalam Pilkada serentak.  Hal itu sudah terlihat dari proses awal untuk mendapatkan kendaraan politik melalui partai politik dari para pasangan calon (paslon) untuk bisa maju dalam Pilkada.

“Tidak heran bila setiap pesta demokrasi akan ada ‘aliansi garong’ politik uang untuk memenangkan Pilkada,” kata Dosen IAIN Surakarta, Ahmad Hafidh, Rabu (25/11).

Dikatakan Ahmad Hafidh, munculnya ‘aliansi garong’ ini sudah sangat jelas seperti sebuah parpol yang mencari mangsa untuk memperoleh keuntungan dari transaksi dengan paslon.

“Dengan kondisi itu, mau tak mau saat paslon ini menjadi pemenang dalam Pilkada, nanti terjebak dalam pelanggaran hukum. Secara kasarnya Pilkada serempak ini belum melahirkan pemimpin yang bermoral,” kata Ahmad Hafidh.

Untuk mengantisipasi persoalan itu, lanjutnya, masyarakat harus berfikir kritis dengan mengawasi kinerja pasangan bupati dan wakil bupati mereka. Masyarakat jangan takut untuk mengeluarkan aspirasimya dengan cara melakukan aksi unjuk rasa turun ke jalan mengkritisi pemerintahan yang dianggap melenceng dari jalurnya.

“Para akademisi jangan mengaku mahasiswa bila mereka tidak berani demo atau unjuk rasa. Karena para sahabat nabi seperti Abu Bakar sendiri menyatakan, bila aku melenceng dalam memimpin, kritiklah aku,” papar Ahmad.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge