0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Boyolali, 7.197 Surat Suara Rusak Dimusnahkan

KPU Boyolali musnahkan surat suara rusak ()

Boyolali — Sebanyak 7.197 surat suara untuk Pilkada Boyolali yang rusak bakal dimusnahkan di percetakan, Kudus. Pemusnahan sengaja dilakukan di percetakan untuk menghindari penyalahgunaan. Surat suara yang rusak tersebut nantinya akan diganti yang baru. Total surat suara yang diterima KPU Boyolali sebanyak 790.886.

“Besok kita bawa ke Kudus untuk dimusnahkan,” kata Ketua KPU Boyolali, Siswadi Saptoharjono, Rabu (25/11).

Diakui, jumlah surat suara yang rusak sangat banyak dan jauh dari perkiraan. Namun, pihaknya tidak begitu mengkhawatirkan hal tersebut, pasalnya masih menjadi tanggung jawab pihak perusahaan. Selain itu, surat suara yang rusak sama sekali tidak ada unsur kesengajaan. Untuk surat suara yang rusak sendiri, meliputi noda titik di kolom Paslon, warna cetakan pudar dan kertas berkerut.

“Pemusnahannya nanti juga melibatkan Panwaslu dan aparat kepolisian,” lanjut Siswadi.

Di sisi lain, sebetulnya jumlah surat suara dikurangi surat suara yang rusak masih mencukupi untuk kebutuhan pencoblosan 9 Desember nanti. Namun, menurut Siswadi, sesuai dengan aturan, Susu yang rusak harus diganti. Setelah surat suara tergantikan, KPU akan segera melakukan packing logistik Pilkada.

“Tanggal 5 Desember logistik mulai kita distribusikan, tanggal 8 Desember semua logistik harus sudah sampai di TPS,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge