0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Kementerian Dinilai Belum Maksimal

merdeka.com
Kementerian Kelautan dan Perikanan (merdeka.com)

Timlo.net — Ekonom Purbaya Yudhi Sadewa menyebutkan ada tiga kementerian yang masih belum maksimal dalam kemajuan perekonomian Indonesia. Tiga kementerian yang dinilai belum efektif adalah kementerian perindustrian, kementerian pertanian, dan kementerian kelautan.

Purbaya menilai kinerja menteri perindustrian Saleh Husin masih belum terlihat maksimal dalam memberikan kebijakan kebijakan yang membuat pergerakan sektor industrial seharusnya lebih maju lagi.

“Masih tingginya impor menjadi indikasinya perindustrian belum maksimal. Mungkin sebenarnya dia sudah menjalankan apa yang dicita-citakan oleh Jokowi namun kurang terpublikasi ke umum,” ujar Purbaya saat menjadi narasumber dalam talk show Habibie Center, Selasa (24/11).

Selain perindustrian, dia juga menyorot menteri pertanian yang kemarin membuat kebijakan yang justru membuat spekulan bermain harga. Seperti kasus harga beras kemarin yang melambung tinggi akibat kegigihan menteri pertanian untuk ‘mengharamkan’ impor beras.

“Impor beras itu tidak haram, sah-sah saja kita impor beras untuk menstabilkan kondisi. Tapi hasilnya seperti kemarin harga beras tidak turun turun” imbuhnya.

Terakhir adalah kementerian kelautan dan perikanan. Meski belakangan ini kebijakan kebijakan menteri KKP membuat gebrakan yang cukup menggetarkan negara asing yang mencuri ikan di laut Indonesia, tersisa kendala dari hal tersebut bagi nelayan. Selain tiga kementerian tadi Purbaya juga mengkritik antara kementerian perhubungan, Bappenas, dan kementerian PU kurang sinkron jika membahas tol laut.

“Bagus memang tapi nelayan banyak yang protes juga karena penenggelaman kapal seperti itu,” tandasnya.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge