0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Camat Sambirejo Divonis 1 Bulan dan Denda Rp 1,5 Juta

timlo.net/ agung widodo
Camat Sambirejo, Suhariyanto, saat mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Sragen (timlo.net/ agung widodo)

Sragen – Camat Sambirejo, Suhariyanto akhirnya divonis 1 bulan dan denda Rp 1.500.000 dalam sidang dengan agenda putusan di Pengadilan Negeri Sragen, Selasa (24/11). Vonis ini lebih ringan sedikit dari sisi denda dari hukuman yang dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Menyatakan terdakwa Suhariyanto bin Sunarto telah terbukti secara sah dan bersalah telah melakukan tindak pidana, melakukan tindakan yang menguntungkan salah satu calon pada masa kampanye. Menjatuhkan pidana dengan pidana penjara 1 bulan dan denda Rp 1.500.000, dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar akan diganti dengan kurungan selama 1 bulan,” kata Ketua Majelis Hakim PN Sragen, Agusng Nugroho saat membacakan amar putusannya.

Majelis Hakim menyatakan perbuatan terdakwa sudah memenuhi unsur pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 188 jo Pasal 71 ayat (1) UU No 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Sementara Majelis Hakim mengesampingkan pembelaan atau pledoi dari kuasa hukum Suhariyanto yang menyebut kliennya tidak bisa dijerat pidana karena pembagian sembako tersebut belum dilakukan. Pertimbangan hakim, karena unsure pelanggaran terletak pada subyek pelaku yang berstatus sebagai pejabat negara.

Menurut Agung salah satu hal yang memberatkan dalam pengambilan putusan Majelis Hakim adalah perbuatan terdakwa dipandang telah meresahkan masyarakat dan merusak iklim demokrasi yang sedang dibangun. Sedangkan unsur yang meringankan adalah, terdakwa sopan dan membenarkan keterangan sejumlah saksi serta belum pernah dihukum.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge