0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nurdin Halid : Kopma Harus Bergerak Profesional

timlo.net/eko prasetyo
Nurdin Halid (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), AM Nurdin Halid meminta koperasi mahasiswa (kopma) jangan hanya bergerak di lingkungan kemahasiswaan. Paling tidak, juga bergerak di sekitar kampusnya.

“Kalau juga mau bergerak di sekitar kampus, maka kopma bisa berkembang,” ujar Nurdin saat bertemu wartawan, di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Selasa (24/11).

Oleh karena itu, kata Nurdin, kopma UNS harus bergerak sebagai pelaku koperasi tidak hanya untuk masyarakat di kampusnya, tetapi juga masyarakat di sekitar kampus. Jangan hanya melayani diktat, buku dan keperluan kampusnya saja, tetapi harus menjadi pelaku dominan.

“Sekalipun kopma tersebut berada di dalam kampus, tetapi harus bergerak professional,” ujarnya.

Artinya, ketika mahasiswa pelaku koperasi mahasiswa sudah menjadi alumni, sudah memiliki pengalaman, bahkan siap dan mempunyai pekerjaan.

“Itulah salah satu pilar koperasi untuk mempercepat pengurangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja,” ungkap Ketua Umum Dekopin.

Pada kesempatan itu, Nurdin Halid menyatakan, saat ini telah membubarkan sekitar 30 persen koperasi di bawah Dekopin. Sekarang ini Dekopin tinggal memiliki 150.000 koperasi.

“Karena kita harus berani menjadikan koperasi sebagai pelaku ekonomi dominan. Kualitas pendekatannya, bukan lagi kuantitas,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge