0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPS : Pertumbuhan Ekonomi Sragen Tertinggi se Soloraya

Pasar Bunder, salah satu pusat perekonomian di Kabupaten Sragen. ()

Sragen – Berdasarkan pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) selama 2013 – 2014, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sragen menempati urutan teratas dari semua wilayah di eks Karesidenan Surakarta. Hal tersebut di sampaikan Kepala BPS Sragen Laeli Sugiyono dalam acara Sosialisasi Sensus Ekonomi Kabupaten Sragen 2016.

“Dalam dua tahun terakhir ini, pertumbuhan ekonomi Sragen menempati peringkat tertinggi diantara daerah lainnya di Soloraya,” kata Laeli dalam sosialisasi di Hotel Surya Sukowati Sragen belum lama ini.

Dia menjelaskan, Sragen menempati urutan pertama dengan angka pertumbuhan ekonomi sebesar 5,59 persen, disusul Wonogiri dan Sukoharjo sebagai urutan kedua pada angka 5,26 persen. Sementara urutan ketiga Kota Solo dengan angka 5,24 persen.

Selain pertumbuhan ekonomi, Indeks pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sragen peringkatnya melejit dari urutan ke 25 pada tahun 2011 menjadi peringkat 12 pada 2014 lalu. Program Beasiswa Sintawati disinyalir menjadi pendongkrak peringkat ini. Program beasiswa bagi warga miskin yang digulirkan Pemkab Sragen selama 5 tahun terakhir telah berkontribusi positif mendongkrak angka IPM Kabupaten Sragen.

“Adanya program Sintawati memang sangat berperan meningkatkan IPM Sragen karena siswa miskin berprestasi bisa memperpanjang harapan belajarnya. Dulu PNS yang hanya S1 sekarang juga banyak yang melanjutkan S2. Lalu angka drop out sekarang juga turun signifikan,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge